Kemampuan Dasar Web Developer yang Harus Dipelajari

0 Komentar
Kemampuan Dasar Web Developer yang Harus Dipelajari

Jika kamu ingin terjun ke dunia web developer, maka selayaknya kamu harus mempelajari beberapa hal berikut ini:

HTML & CSS

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah pelajaran dasar bagi setiap programmer yang harus dikuasai. Karena pemograman apapun tidak akan lepas dari kode-kode ini. Dan HTML akan tidak lengkap dengan adanya CSS (Cascading Style Sheet) untuk membuat tampilan dari HTML menjadi lebih cantik, mudah dan enak dilihat.

Misalnya sebuah untuk membedakan antara text biasa dan hyperlink, maka perlu adanya CSS warna agar orang yang melihat web kita tahu bahwa ini adalah text biasa dan ini adalah link.

JavaScript (.js)

Agar HTML dan CSS yang telah kita buat semakin interaktif, maka perlu juga mempelajari Javascript.

Terlebih lagi, sekarang ini (pada saat artikel ini ditulis), Javascript bukan hanya sekedar untuk menjadi pelengkap bahkan banyak Framework baik untuk backend maupun frontend yang menggunakan javascript tulen.

Satu atau Lebih Bahasa Back-End

Banyak sekali pilihan untuk backend, sebut saja diantaranya adalah PHP, C#, Java, Ruby, Python, Javascript dan banyak lagi yang lainya. Maka pelajarilah salah satu dulu yang mudah buatmu.

Saya sendiri di awal-awal belajar memilih PHP, karena dulu pertama kali banyak menggunakan WordPress dimana mayoritas (dominan) bahasa yang digunakan adalah PHP.

Tapi kamu bebas memilih apa saja.

BackEnd dan FrontEnd Framework

Setelah kamu mempelajari dasar-dasar bahasa pemograman, maka untuk mempermudah pekerjaan sebaiknya belajar juga Frame Work.

Misal untuk backend Framework kamu bisa belajar Laravel atau CodeIgniter untuk PHP, Sails atau Expressjs untuk JS, rail untuk ruby dll.

Untuk frontend yang paling populer adalah Bootsrap, Semantic-UI, Tailwind, Vue, React dan lain-lain.

Database

Database juga bagian yang hampir tidak bisa dipisahkan dalam setiap pembuatan aplikasi (development), karena hampir setiap aplikasi dituntut untuk berjalan secara dinamis.

Misalkan saja kamu ingin membuat aplikasimu bisa melakukan login dan logout, maka otomatis kamu perlu sebuah data yang akan dicocokan dengan input pengguna saat mereka login.

atau kamu ingin menyimpan artikel yang kamu tulis, kemudian bisa meng-update, menampilkan di lain waktu. maka otomatis juga memerlukan database.

Banyak sekali jenis database yang bisa digunakan seperti SQL yang paling populer atau NoSQL seperti MongoDB, json dan lainya.

Server dan Domain

Kalau aplikasimu berupa web, dan akan di publikasikan agar bisa dibuka oleh semua orang melalui jaringan internet. Tidak lain kamu perlu server dan sebuah alamat (domain) agar orang bisa meng-aksesnya darimana saja.

Diantara dasar yang perlu kamu pelajari tentang server adalah DNS Pointing, local storage, menghubungkan aplikasi ke database, juga seperti operating system yang digunakan di server tersebut (apache, nginx atau lainya).

Tidak perlu terlalu advance di awal-awal, yang terpenting bisa live itu aja sudah cukup. Namun seiring bertambahnya keahlian kamu dalam hal web programming, pastinya kamu juga harus meningkatkan pengetahuan tentang server seperti cara menggunakan SSH, command line, dan lainya.

Git

Git adalah sebuah sistem version control, dimana kamu bisa men-traking perubahan-perubahan yang ada di code yang kamu buat. Selain itu dengan Git system kamu bisa melakukan kolaborasi dengan programmer lain tanpa harus duduk di satu komputer secara bergantian agar bisa menulis code yang sama di file yang sama.

Meski begitu, keahlian ini tidak harus langsung kamu pelajari di awal-awal, tapi tetap harus menjadi target next belajar mu disaat kamu sudah mulai sedikit mahir.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi pendukung-pendukung lain dalam belajar webprogramming, tapi setidaknya list di atas sudah cukup untuk memulai.

Selanjutnya kamu bisa mencoba belajar hal-hal baru yang relevan dengan apa yang kamu kerjakan atau yang kamu sukai.

Prinsipnya, kamu belajar satu persatu dulu agar tidak overload dan tidak pening. Dan cobalah mengimplementasikan hasil belajar kamu dalam sebuah project. Dengan begitu kamu akan banyak mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru yang penting untuk kamu tahu.

Selamat mencoba

Weekly email summary

Subscribe below and we’ll send you a weekly email summary of all new Code tutorials. Never miss out on learning about the next big thing.

Berikan Balasan
Email anda tidak akan ditampilkan. Field yang wajib diisi ditandai dengan *
*